Senin, 16 Desember 2019

Profil Pondok Pesantren Darul Qurro Kawunganten


Pondok Pesantren “Darul Qurro ”terletak di kota Cilacap, di desa Kawunganten yang tepatnya berada di Jl. Raya Tegalsari, Kawunganten Lor, Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53253 nama Pondok Pesantren ini bernama pondok pesantren Darul Quro. Pondok Pesantren “Darul Qurro” adalah salah satu dari sekian banyak pondok pesantren yang ada di kabupaten Cilacap. Berdiri sejak tahun 1992 dengan menggunakan metode pengajaran modern dengan maksud bahwa Pondok Pesantren “Darul Qurro ” melestarikan hal-hal lama yang baik dan mengembangkan hal-hal baru yang lebih baik dan bermanfaat.

Pondok Pesantren ini memiliki Slogan seperti Pondok Modern Gontor yaitu Berdiri diatas dan untuk semua Golongan. Pondok Pesantren ini adalah lembaga Pendidikan bersistem pesantren yang mengutamakan Pola Pendidikan berimbang antara ilmu – ilmu Agama dengan ilmu – ilmu Umum serta memberikan perhatian khusus pada penguasaan Bahasa Arab & Bahasa Inggris secara aktif baik secara lisan maupun tulisan.


Pondok pesantren ini memiliki Visi dimana pondok pesantren ini ingin mewujudkan generasi yang robbani dan intelektual disamping sebuah Visi pondok ini juga memiliki misi untuk mewujudkan dari visi tersebut. Adapun Misi yang digagas pondok pesantren ini, yaitu : Menumbuhkan budaya ilmu, amal dan takwa serta akhlakul karimah pada jiwa santri, dalam rangka pengabdian kepada agama dan masyarakat.




Pondok pesantren ini memberikan pendidikan formal yaitu pendidikan yang memberikan materi pembelajaran umum dalam pelaksanaannya. Dalam pendidikan Formal metode yang digunakan adalah metode melestarikan hal-hal lama yang baik dan mengembangkan hal-hal baru yang lebih baik dan bermanfaat. Metode ini diterapkan di pondok pesantren “Darul Qurro” dalam bentuk adanya pendidikan formal yang mengajarkan ilmu-ilmu umum atau hal-hal lain yang baik sesuai dengan tuntutan hidup di zaman modern ini, juga pendidikan nonformal yang berupa Madrasah Diniyah yang khusus mengajarkan ilmu-ilmu agama islam dengan pengkajian pada kitab-kitab kuning.

Dengan metode tersebut santri-santri pondok pesantren “Darul Qurro” dapat mempelajari ilmu-ilmu agama secara utuh dalam arti mempelajari ilmu-ilmu agama seperti Syari’at, Tauhid dan Tasawwuf , dalam rangka “ Tafaqquh fi ddin “ juga mempelajari ilmu –ilmu umum seperti Fisika, Kimia, Biologi dan lain-lain dalam rangka “Tafakkur fi kholqillah”. Sehingga dengan metode tersebut akan membentuk santri yang mempunyai jiwa keagamaan yang teguh serta dapat hidup secara fleksibel dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di zaman yang serba modern ini.


Pondok Pesantren ini memiliki Motto Berbudi Tinggi, Berbadan Sehat, Berpengetahuan Luas, Berpikiran Bebas maksud dari Motto ini bahwa pondok pesantren ini ingin menciptakan generasi yang berbudi tinggi dan berpengetahuan luas disamping itu pondok pesantren ini tidak hanya ingin menciptakan santri – santrinya sehat sehari jasmani namun juga sehat secara rohani dan juga mengajarkan santri – santrinya yang berfikir bebas dimana santri – santrinya bisa menerima semua pemikiran yang diterima saat berada di masyarakat luas namun pengetahuan tersebut tidak semena – mena langsung diterima tetapi pengetahuan tersebut bisa disaring dan dianalisa sehingga tidak salah kaprah dari penegtahuan yang diterima.  Adapun panca jiwa dari pondok pesantren Darul Quro yaitu: Keikhlasan, Kesederhanaan, Berdikari, Ukhuwwah Islamiya, Kebebasan. 


Pondok pesantren Darul Quro sejak didirikan pada tanggal 12 September 1992, Pondok Pesantren Darul Qurro telah meluluskan banyak alumni-alumni yang telah berperan di masyarakat. Selain itu, para alumni juga banyak yang meneruskan pendidikan di universitas-universitas ternama di Indonesia. Seperti UGM, UAD, UNY, UIN SusKa dll. bahkan beberapa alumni Pondok mampu meraih beasiswa hingga timur tengah. Dengan adanya hal tersebut menunjukan bahwa pondok pesantren Darul Quro memiliki system pendidikan yang baik dan memadai sehingga mampu menciptakan generasi yang tidak hanya pandai secara intelektual namun juga pandai dalam ilmu agama sehingga menjadi generasi yang berilmu dan berakhlakul karimah. [admin]
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.