Selasa, 10 Maret 2020

Santri Darul Qurro Harus Berbadan Sehat



Salah satu moto pendidikan di Pondok Pesantren Daruk Qurro Kawunganten adalah Berbadan Sehat. Darul Qurro menyadari bahwa padatnya program pendidikan yang harus diikuti oleh para santrinya meniscayakan kesehatan yang prima, dan fisik yang kuat. Sistem pendidikan di Pondok Pesantren Darul Qurro Kawunganten dengan dinamika yang sangat tinggi dan disiplin yang ketat mutlak memerlukan pribadi-pribadi yang kuat.



Bagi santri, dengan kesehatan yang prima, mereka bisa melakukan banyak aktifitas yang bermanfaat; belajar, olah raga, bergerak, dan berbagai macam ibadah. Sebaliknya aktitifas mereka akan terkendala bila kesehatannya terganggu (sakit). Maka, diantara syarat utama menjadi santri Pondok Pesantren Darul Qurro Kawunganten haruslah berbadan sehat, dalam arti tidak memiliki riwayat penyakit dalam yang berbahaya ataupun penyakit menular.
Dalam perspektif Pondok Pesantren Darul Qurro Kawunganten, sesuai dengan Hadis yang disampaikan oleh Rasulullah SAW bahwa orang muslim yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada muslim yang lemah. Sebab, muslim yang lemah tidaklah dapat berbuat banyak dalam kehidupan dan dakwah yang diembannya.
Bahkan, Pimpinan Pondok sering menekankan slogan yang selalu beliau ulang-ulang di hadapan para santri: “Orang baik itu harus kuat, sebab kalau lemah, maka kebaikannya itu tidak dapat mempengaruhi.” Artinya, kekuatan seorang muslim yang salah satunya ditunjukkan dengan kesehatan yang prima merupakan modal penting untuk melakukan misi dakwahnya sehingga dapat mempengaruhi lingkungan dan ikut memperbaiki keadaan.
Di samping itu, dalam pandangan Darul Qurro, kesehatan merupakan modal utama dalam pengabdian para santri kelak kepada umat. Inilah diantara hal yang selalu disampaikan sebagai doktrin kepada para santri.
Kunci dari memelihara kesehatan terletak pada pola kerja dan istirahat. Badan, mata dan pikiran mempunyai hak beristirahat, memforsir diri untuk beraktifitas berlebihan akan merusak kesehatan. Dengan kata lain, aktifitas yang padat yang dilakukan para santri dan guru, haruslah diimbangi dengan olahraga sebagai sarana kebugaran dan penyeimbang.
Maka dari itu, dalam sistem dan kurikulum Pondok Pesantren Darul Qurro Kawunganten ada beberapa olahraga yang berkategori wajib bagi seluruh santri tanpa kecuali, misalnya: lari pagi pada hari Jumat dan Selasa; seni bela diri; dan senam jasmani. Bagi santri yang tidak mengikuti olahraga wajib ini maka hal demikian termasuk pelanggaran disiplin.
Demikianlah, Pondok Pesantren Daruk Qurro Kawunganten menginginkan para santri menjadi pribadi-pribadi yang kuat, baik secara ruhani maupun jasmani, untuk mengemban misi dakwahnya di masyarakat. Hal itu tercermin dari salah satu mottonya: Berbadan Sehat.
“Pimpinan Pondok sering menekankan slogan yang selalu beliau ulang-ulang
di hadapan para santri: “Orang baik itu harus kuat, sebab kalau lemah,
maka kebaikannya itu tidak dapat mempengaruhi.”


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.